Monday, February 7, 2011

Desktop Environment Linux

1. GNOME (GNU Network Object Model Environment)

Sebuah lingkungan desktop (desktop environment) grafis antarmuka yang berjalan di atas sistem operasi komputer, terutama Linux dan termasuk dalam open source. GNOME diciptakan oleh dua programmer asal Meksiko, Miguel de Icaza dan Federico Mena.

GNOME adalah bagian dari proyek GNU dan dapat digunakan oleh sistem yang berbasis Unix, terutama yang dibangun di atas kernel Linux dan GNU, dan sebagai bagian dari Java Desktop System pada Solaris.

GNOME 1

GNOME 2.6

GNOME 2.20

GNOME 2.28

GNOME 3.0 Shell (rilis September 2010)


2. KDE (K Desktop Environment)

KDE dibuat pada tahun 1996 oleh Matthias Ettrich, yang waktu itu merupakan mahasiswa di Universitas Eberhard Karls Tübingen. Pada waktu itu, ia merasa terganggu oleh aspek-aspek tertentu dari desktop Unix. Di antara keraguan adalah bahwa tidak ada aplikasi yang tampak dan terasa oleh pengguna. Ia mengusulkan pembentukan sebuah lingkungan desktop, di mana pengguna dapat mengharapkan hal-hal untuk melihat, merasakan, dan bekerja secara konsisten dalam OS. Dia juga ingin membuat desktop ini mudah digunakan; salah satu keluhan dengan aplikasi desktop pada waktu itu bahwa pacarnya tidak bisa menggunakannya.

KDE 1.0

KDE 2.0

KDE 3.0

KDE 4.0


3. Xfce

Olivier Fourdan memulai proyek pada tahun 1996. Nama "Xfce" awalnya berdiri untuk "XForms Common Environment", tetapi sejak saat itu Xfce telah ditulis ulang dua kali dan tidak lagi menggunakan XForms toolkit. Nama dari proyek ini tetap sama, tetapi tidak lagi dikapitalisasi sebagai "XFce", tetapi lebih sebagai "Xfce", yang tidak ada lagi inisial singkatan dari Xfce.

Xfce 1

Xfce 2

Xfce 3

Xfce 4
Share:

0 comments:

Post a Comment

Followers

Total Pageviews

Definition List

Unordered List

Support