adsense

Manfaat Nat ( Network Address Translation )

NAT memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Namun, ada beberapa drawbacks menggunakan NAT, termasuk kurangnya dukungan untuk beberapa jenis traffic.
Manfaat menggunakan NAT adalah sebagai berikut:
NAT dapat menghemat IP public dengan mengijinkan penggunaan privasi jaringan pribadi dari intranet. NAT dapat menghemat IP public dengan menggunakan multiplexing pada level port. Dengan NAT overload, internal host dapat berbagi satu alamat IP publik untuk semua komunikasi eksternal. Dalam konfigurasi ini , sangat sedikit alamat eksternal yang diperlukan untuk mendukung konektifitas dari banyak internal host.
NAT meningkatkan fleksibilitas koneksi ke jaringan publik. Beberapa pool, , backup pools, and load-balancing pools dapat diterapkan untuk memastikan kehandalan konektifitas jaringan publik.
NAT memberikan konsistensi dalam skema pengalamatan jaringan internal. Pada sebuah jaringan tanpa IP private dan NAT, mengubah alamat IP publik membutuhkan penomoran ulang pada semua host di jaringan. Biaya pengalamatan ulang host dapat sangat besar. NAT memungkinkan skema yang ada untuk tetap mendukung apabila ada perubahan pada skema IP publik. Ini berarti suatu organisasi dapat mengubah ISP dan tidak perlu mengubah apa pun di dalam host klien.
NAT menyediakan keamanan jaringan. Karena jaringan private tidak meng- advertise alamat atau topologi jaringan internal, jaringan internal akan tetap aman bila digunakan menggunakan NAT untuk mendapatkan akses kontrol dari eksternal network. Namun NAT tidak menggantikan firewall.
Manfaat NAT
* Menghemat IP public.
* Meningkatkan fleksibilitas koneksi ke jaringan public.
* Menyediakan keamanan jaringan
* Konsistensi terhadap skema pengalamatan jaringan internal.
NAT Drawbacks
* Kinerja direndahkan.
* Fungsi End-to-end direndahkan
* Pelacakan End-to-end terputus
* Tunneling menjadi lebih rumit.
* Inisialisasi koneksi TCP dapat terganggu.
* Arsitektur harus dibangun ulang apabila ada perubahan
SHARE

Miftah

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment