Monday, February 7, 2011

Mengenal Definisi Wi-Fi

A. Pengertian Wi-Fi

Wi-Fi=Wireless Fidelity, Wire= kabel, less=tanpa. Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
Jaringan tanpa kabel atau wireless networking merupakan cara yang cepat, mudah untuk membangun jaringan, juga merupakan alternatifpaling ekonomis daripada membangun jaringan menggunakan kabel. Dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan antar gedung yang jaraknya sampai beberapa kilometer.

Standar saat ini yang banyak digunakan untuk membangun jaringan tanpa kabel :
Keterangan :
1. Standar 802.11a memiliki keunggulan koneksi yang cepat dan jangkauan lebih jauh, tapi lebih mahal (perangkat dan frekuensi mahal) dibandingkan dengan frekuensi 2,4GHz.
2. Standar 802.11b merupakan sistem pertama yang hadir di pasaran yang cocok untuk kebutuhan internal (wireless home networking) dan penggunaan antar bangunan.
3. Standar 802.11g merupakan standar 2,4GHz terbaru banyak memberikan fungsi yang sama dengan standar 802.11b tetapi dengan transfer data yang lebih tinggi.
4. Standar 802.11n adalah standar komunikasi Wi-Fi terbaru yang super cepat, dengan kecepatan akses 100Mb/s.
Jaringan tanpa kabel ini sedikit mempunyai kelemahan, yaitu tidak bolehnya ada penghalang, seperti gedung, pohon, bahkan burung yang terbang pun bisa bisa mengganggu karena menghalangi sinyal.
Juga perlu diperhatikan pemancar dan penangkap sinyal harus saling berhadapan. Istilah asingnya Line of Sight (pandangan lurus atau mata bertemu mata). Jika ada penghalang, maka secara otomatis sinyal akan terganggu dan transfer data menjadi kacau bahkan koneksi terputus.


B. Perangkat Wi-Fi

1. Access Point/Penerus Sinyal
Access Point atau sering disebut dengan AP, sebenarnya mempunyai kesamaan fungsi dengan hub dan switch. Atau bisa menyebutnya dengan station pemancar daripada penerus sinyal. Access point merupakan tipe spesial dari wireless station yang menerima transmisi radio dari station radio lainnya di jaringan wireless dan meneruskan sinyal-sinyal tersebut ke jaringan terakhir.
Access Point bisa merupakan sebuah perangkat yang berdiri sendiri atau sebuah komputer yang berisikan sebuah adapter jaringan wireless yang berhubungan dengan special access point management software.

2. Penerima Sinyal
Berikut ini merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk menerima sinyal Wi-Fi yang disebarluaskan oleh AP (Access Point).
a. PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) Wi-Fi Card, yang biasa digunakan untuk laptop model terdahulu.
b. Express Card Wi-Fi, Wi-Fi card yang juga digunakan oleh Laptop, tetapi untuk model-model alptop terbaru yang memilki slot Express Card.
c. PCI WLAN Card, digunakan untuk PC (personal computer) yang tidak bisa dibwa kemana-mana, hanya dipasang pada slot motherboard. Saat ini, penggunaannya masih umum karena harganya yang cukup murah.
d. PCI-Express WLAN Card, digunakan pada PC yang memiliki slot PCI-Express 1x. SAma halnya dengan PCI WLAN Card, benda ini tidak bisa dibawa kemana-mana karena hanya dipasang di slot motherboard.
e. USB Wi-Fi, bisa digunakan untuk laptop atau PC yang ada port USB-nya. Biasanya harganya lebih murah dan mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya yang simpel.
f. CF (Compact Flash), digunakan untuk PDA (Personal Digital Assistant).


C. Mode Akses Koneksi Wi-fi

1. Ad-Hoc
Mode koneksi ini adalah mode dimana beberapa komputer terhubung secara langsung, atau lebih dikenal dengan istilah Peer-to-Peer. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi hanya 2 atau 3 komputer, tanpa harus membeli access point
2. Infrastruktur
Menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
Share:

0 comments:

Post a Comment

Followers

Total Pageviews

Definition List

Unordered List

Support